Welcome to My Blog, Hopefully You Happy. Don't Forget to Follow my Blog to Always Get to Update The Newest Tips and Trik. Thank's for Your Visit and Good Luck.

Selasa, 16 Juli 2013

Mengatasi Pelanggan Komplain

Anda yang memiliki bisnis, terkadang mengalami komplain terhadap konsumen yang tidak puasa dengan produk kita.  Sebagai pelanggan, tentunya anda ingin dilayani dengan baik. Konsumen yang baik dan sopan tentunya akan senang hati kita layani, namun bagaimana dengan konsumen yang emosian dan marah-marah. Menghadapi konsumen yang emosian, terkadang kita juga ikut terpancing, sehingga makin memperparah keadaan.

Cara Mengatasi Konsumen Komplain

Kalau anda berpikiran jernih, tentunya bisa mengerti komplain dari para konsumen karena merasa tidak puas dengan pelayanan kita. Ambil sisi positifnya, jika konsumen komplain pada anda, sehingga bisnis anda bisa lebih baik ke depannya. Untuk menghadapi karakter konsumen yang emosian ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Berikut ini cara mengatasi konsumen komplain yaitu:
  • Tenang. Pastikan mood anda sedang stabil, jika anda melayani pembeli. Walau keadaan yang anda hadapi sedang memanas tetaplah tenang dan berpikir jernih.
  • Tersenyum. Apapun komplain yang diucapankan oleh pelanggan tetap tunjukkan senyum ramah anda dan mendengarkan secara bijak apa yang mereka katakan.
  • Carilah Solusi agar konsumen anda menjadi tenang. Dengan anda yang bersikap tenang dan menghargai pendapat pembeli, tentu anda akan mendapatkan solusinya. Pujilah usaha pelanggan yang telah mengadukan permasalahannya, sehingga di mata mereka, anda terlihat sedang berusaha mencari solusi untuk melayani pelanggan dengan baik.
  • Peduli. Berikan rasa empati kepada pelanggan terhadap masalahnya dan bantu mereka menyelesaikannya.
  • Ajaklah pelanggan berdiskusi dengan kepala dingin untuk menyelesaikan masalah mereka.
Sahabat bisnisonlinerumahan87.com, ada baiknya anda memiliki skill khusus dalam menghadapi dan melayani pelanggan yang sering komplain. Pelanggan adalah raja, yang harus dilayani dan dihargai dengan baik sehingga mereka merasa puas. Bersikaplah bijak bila menghadapi konsumen yang sering komplain, untuk kemajuan usaha anda.