Welcome to My Blog, Hopefully You Happy. Don't Forget to Follow my Blog to Always Get to Update The Newest Tips and Trik. Thank's for Your Visit and Good Luck.

Rabu, 28 Agustus 2013

Email Marketing Bisnis Online

email marketing bisnis online
Bagi seorang seller, email digunakan untuk mengirim atau menerima informasi dari orang-orang yang berhubungan dengan bisnis online mereka. Mail marketing merupakan salah satu pintu masuk bagi calon pelanggan anda sebelum membeli produk yang ditawarkan. Email juga dapat menjaga hubungan baik dengan para pelanggan anda. Hubungan baik yang terjalin dapat membuat para pelanggan anda membeli secara berulang-ulang produk yang anda tawarkan.

Jenis Email Marketing Bisnis Online

Email marketing atau email pemasaran ialah anda menggunakan email dalam komunikasi dan memasarkan bisnis anda. Setiap email yang pernah anda kirim ke prospek atau pelanggan dapat digolongkan sebagai pemasaran email. Bisnis dapat mengirim email promosi dan pesan pemasaran semua jenis untuk mencoba memperoleh pelanggan baru untuk membeli produk baru atau jasa anda. Oleh karena itu, dari dulu sampai sekarang, email tidak tergantikan. Meski ada alat chatting atau social media, setiap orang tetap harus punya email. Email adalah kotak surat, tempat kita menerima dan mengirimkan surat elektronik. Ada baiknya jika alamat email adalah nama dari bisnis online yang dijalankan. Ada beberapa langkah yang bisa ditempuh untuk membuat alamat email tersebut. Berikut ini ada beberapa jenis email marketing yaitu : 
  • Email untuk follow-up. Email ini merupakan serangkaian email yang dikirimkan ke pelanggan dengan konten yang informatif. Email jenis ini memiliki manfaat untuk menjaga agar pelanggan email Anda setia. Keunggulan email jenis ini, sangat dinantikan oleh pelanggan Anda karena didalamnya terdapat informasi yang pelanggan Anda butuhkan. kelemahan bila tidak di segmentasi bisa membuat pelanggan Anda lari.
  • Email khusus. Email jenis ini juga dikenal sebagai email yang berdiri sendiri, karena hanya mengandung satu informasi tertentu dan menggunakan alamat email yang berbeda.Keunggulan email jenis ini, pertama meningkatkan jumlah orang yang di ajak untuk bergabung dalam sebuah promosi karena hanya satu penawaran. Kedua, mudah di ukur hasil dari email marketing yang Anda buat. Kelemahanya tidak adanya jadwal teratur dan perbedaan alamat email pengirim membuat orang enggan untuk membuka email.
  • Email Newsletter. Sebelum memutuskan untuk menggunakan newsletter dalam strategi pemasaran Anda, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan Anda. Apa yang  menjadi tujuan utama Anda dalam email newsletter.Email jenis ini memiliki 3 keunggulan dalam melakukan pemasaran. Pertama, Dengan isi yang informatif membuat email Anda dinilai positif oleh pelanggan Anda. Kedua, Anda bisa membuat orang mengunjungi blog Atau website bisnis online Anda dari link newsletter yang Anda buat. Ketiga, Dengan newsletter Anda bisa memberikan informasi terbaru mengenai bisnis Anda misalnya diskon, pengumuman, survei dll. Kelemahanya, email jenis ini jauh lebih rumit dalam pembuatan desain emailnya agar sesuai dengan tujuan Anda.
  • Email Digest. Digest email jenis ini berisi kumpulan link populer dari Artikel atau produk bisnis online. Email jenis ini sering digunakan oleh agen kontes.
  • Email transaksional. Email transaksional adalah pesan yang bisa dipicu oleh tindakan tertentu  telah diambil, yang memungkinkan mereka untuk menyelesaikan tindakan itu.Keuntungan terbesar dari email transaksional meningkatkan jumlah pageview. Sayangnya, salah satu kelemahan email transaksional adalah bahwa mereka dapat menjadi penghalang untuk menjadi pelanggan Anda.
  • Email Sponsorship. Jika Anda ingin menjangkau khalayak yang sama sekali baru dan menghasilkan calon pelanggan baru, Anda mungkin ingin mencoba email sponsorship. Dalam email sponsorship, Anda membayar untuk dimasukkan salinan dalam newsletter vendor lain. Keuntungan terbesar dari email sponsorship adalah bahwa mereka sangat ditargetkan, memungkinkan Anda untuk lebih spesifik dalam menentukan segmen yang ingin Anda jangkau. kelemahanya Anda harus membayar untuk mengirimkan email jenis ini.
  • Email Diskusi. Email dalam format diskusi juga bisa dikirimkan kepada beberapa alamat email yang dianggap potensial menjadi customer. Seorang seller bisa melemparkan pertanyaan yang kemudian dijawab oleh customer. Ini bisa jadi sarana interaktif antara buyer dan seller.
  • Email Compiled List. Potensi konversi dari compiled lists lebih rendah daripada response list. Nama-nama serta alamat email yang termasuk ke dalam list ini adalah daftar alamat email yang dikumpulkan dari berbagai sumber. Misalnya, dari survei atau database yang dibeli dari partner bisnis maupun penyedia jasa. Compiled list bisa jadi berisi daftar alamat email dari orang-orang yang tidak pernah mengenal produk Anda sebelumnya. Untuk itu, diperlukan kiat khusus dalam menuliskan informasi untuk orang-orang yang termasuk ke dalam golongan berikut ini.
  • Email Response List. Response list terdiri dari email-email yang dikirimkan untuk merespon sesuatu, seperti permintaan pembeli terhadap sebuah produk.Daftar tersebut berisi alamat email dari orang-orang yang pernah membeli produk Anda. Prospek atau potensi konversi yang bisa ditimbulkan dari daftar ini bisa dikatakan cukup besar. Karena mereka adalah orang-orang yang pernah membeli produk Anda atau setidaknya pernah tahu merek atau produk bisnis online Anda.
Demikianlah pembahasan jenis email marketing yang perlu anda ketahui, mudah-mudahan informasi ini bermanfaat buat anda. Jadi tidak perlu ragu terus memanfaatkan email marketing guna memajukan bisnis internet anda. Yang penting lagi anda bisa membuat bisnis online anda langgeng dengan para prospek dan konsumen.