Welcome to My Blog, Hopefully You Happy. Don't Forget to Follow my Blog to Always Get to Update The Newest Tips and Trik. Thank's for Your Visit and Good Luck.

Jumat, 13 September 2013

Membuat Tampilan Website Bisnis Online Menarik

membuat website menjadi menarik
Ketika memulai bisnis tertentu, para pengusaha mempersiapkan berbagai cara untuk bisa menjadikan bisnis barunya sukses. Hal pertama yang dilakukan untuk memulai bisnis online adalah membuat situs bisnis yang sesuai. Teknologi yang semakin canggih memang selalu bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Membuat suatu bisnis menjadi sukses membutuhkan kesabaran yang cukup. Selain tahap – tahap yang biasa dilalui oleh para pengusaha agar mendapatkan kesuksesan, cerita tentang pengalaman dan cara para pengusaha sukses juga menjadi penyemangat para peserta. Sukses dalam membangun bisnis memang bukan merupakan hal yang mudah. Kesuksesan akan bisa dimulai dengan web yang benar.

Tips Membuat Tampilan Website Menarik

Mendesain web merupakan hal yang tidak mudah. Karena selain kita yang menilai, tentunya pengunjung website anda mempunyai andil untuk menilainya, bahkan 90 persen penilaian diberikan kepengunjung web anda. Jika anda merasa desain website sudah bagus, belum tentu dimata pengunjung bagus, begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu diperlukan beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan dalam mendesain sebuah web agar bisa tampil menarik, baik itu dimata pengunjung maupun dimata kita sendiri sebagai perancangnya.
Yang harus Anda ingat adalah bahwa semua pilihan ada di tangan Anda, karena ini adalah situs Anda, dan Anda harus memutuskan apa yang Anda sukai. Pilihan seperti warna, style, fonts, gambar dan gaya penulisan yang digunakan, semuanya itu merupakan hal yang bersifat personal dan bukan hal yang bisa dianggap mudah. Apa yang Anda paparkan dan kerjakan dalam situs, mencerminkan banyak hal tentang siapa Anda. Berikut ini merupakan beberapa hal dasar yang perlu Anda perhatikan ketika merancang situs Anda.
  • Grafis/Gambar. Grafis atau gambar merupakan bagian terpenting dari suatu situs Internet. Dengan grafis/gambar, kita dapat memberikan unsur warna, kesan dan tema. Unsur-unsur tersebut sangat dibutuhkan, asalkan tidak terlalu berlebihan. Terlalu banyak gambar hanya memperlambat situs.
  • Layout. Bagaimana Anda menginginkan situs Anda terlihat? Apakah Anda ingin semua text berada di sebelah kanan dan grafis di sebelah kiri, atau sebaliknya. Apakah Anda ingin menempatkan iklan di bagian atas halaman ataukah semua iklan akan ditempatkan di bagian samping? Merancang sebuah layout yang tampak sama untuk semua halaman situs Anda akan lebih memudahkan pengunjung dalam memahami isi situs Anda, daripada membuat layout yang berbeda-beda untuk setiap halaman. Tetapi bukan berarti pula Anda tidak boleh membuat layout halaman yang berbeda-beda untuk setiap penulisan halaman, namun paling tidak sebaiknya setiap halaman mempunyai dasar layout yang hampir sama.
  • Navigasi. Buatlah website Anda dapat dengan mudah ditelusuri,  menggunakan  nama  yang familiar dan logical seperti contact, about, FAQ, dsb. Apabila tidak, akan membuat user beralih. Ketika membuat strategi navigasi webstie Anda, pikirkan bagaimana Anda memanggil sebuah perintah atau aksi tersebut.  Apa yang Anda harapakan pada customer ketika berkunjung ke website Anda? Order/pesan? Email? Menjadi member? Atau yang lainnya? Tentukan goal Anda sejelas-jelasnya. Pikirkan hal untuk customer potensial, berikan action items untuk memudahkan customer melakukan apa yang Anda ingin mereka lakukan.Birchbox sangat baik akan hal ini, mereka mendorong pada user untuk “learn more” dan mengarahkan mereka untuk mendapatkan sebuah hadiah Birchbox. Hal ini biasanya untuk pengunjung awal website tersebut.
  • Iklan. Iklan yang terlalu banyak merupakan hal yang buruk bagi para pengunjung. Cobalah untuk menempatkannya sebaik mungkin di tempat yang paling dihiraukan pengunjung tanpa mengganggu prioritas isi atau content yang ada.
  • Proses Pemeliharaan (maintenance). Setelah membuat situs, Anda harus memeliharanya. Jika Anda menghubungkannya dengan situs yang lain, Anda harus memeriksanya secara rutin untuk memastikannya masih ada, karena kadang ada situs yang hilang.
  • Warna. Kita semua tahu bahwa membaca halaman hitam putih akan sangat membosankan. Itulah mengapa kita harus menambahkan unsur warna ke dalam situs yang kita buat. Dengan memberikan warna yang tepat, maka akan menambah kesempurnaan situs, sehingga halaman-halamannya akan mudah dibaca. Anda harus yakin bahwa warna yang Anda berikan akan sesuai dengan warna text. Jika Anda mempergunakan warna yang terlalu ‘berani’ ataupun perpaduan warna yang tidak sedap dipandang mata, maka pengunjung akan akan malas untuk membaca halaman tersebut dan mencari situs lain yang lebih menarik.
  • Fonts. Anda tidak harus memakai standart fonts yang sama terus menerus dalam sebuah situs agar tidak membosankan. Ada banyak sekali jenis font yang lain, yang akan membuat tulisan Anda terlihat lebih menarik dan lebih baik. Namun pemakaian font yang terlalu beraneka ragam dalam suatu halaman juga tidak baik. Batasilah pemakaian font dalam suatu situs menurut jenis pemakaiannya.
  • Gaya Penulisan . Setiap orang mempunyai cara penulisan sendiri-sendiri. Anda dapat menjadi seseorang yang lucu, serius, atau apa adanya. Bagaimana Anda menulis dalam situs Anda adalah hak Anda sepenuhnya, dan Anda perlu memilih dengan gaya penulisan yang bagaimana Anda akan mengisi situs Anda.
  • Isi/Content. Situs tentang apakah nanti yang Anda rencanakan? Ada berapakah macam hal yang Anda tulis? Tentu saja semua itu terserah Anda. Hal apapun yang Anda tulis, Anda harus yakin bahwa ejaan dan tata bahasa yang dipergunakan sudah benar, dan jika Anda mempunyai cukup waktu, bacalah ulang untuk meyakinkan bahwa sudah tidak ada lagi kesalahan bahasa.
Adanya persaingan antar web bisnis yang ada saat ini memang memaksa para pengusaha untuk lebih kreatif dan inovatif. Perubahan dan kreatifitas yang tinggi dalam membuat tampilan situs akan menentukan kesuksesan situs tersebut. Dengan menggunakan pengetahuan tentang bagaimana mengubah tampilan situs, anda akan bisa semakin percaya diri dan nyaman dalam mengatur bisnis online anda.